5 TIPS UNTUK STRATEGI BRANDING

No Comments


Beberapa hari terakhir ini, saya selalu memikirkan mengenai brand, brand dan brand. Seperti bagaimana cara melakukan strategi branding yang baik secara online maupun offline, bagaimana cara membangun strategi branding yang efisien namun tepat sasaran.
strategi branding
berikut merupakan beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan dalam mengoptimalkan strategi branding :
1) Relevansi
Selalu memiliki arah relevan dengan trend yang terjadi di industri dimana brand kita berada, selalu mengikuti perkembangan dan bahkan mempersiapkan dengan segala kemungkinan trend yang akan terjadi.
Saya ambil contoh dengan industri restoran dan kafe, saat ini trend menggunakan media sosial seperti Instagram merupakan salah satu media yang “break out” digunakan oleh brand-brand restoran dan kafe untuk menjaring pelanggan baru atau mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Untuk brand yang tetap menggunakan jalur pemasaran konvensional yang menghiraukan potensi media sosial bisa saja tertinggal jauh dibelakang para kompetitornya yang telah lebih dulu menggunakan media sosial sebagai tools marketing mereka.
2) Orientasi kepada solusi
Salah satu yang terkait kepada hal ini adalah “customer oriented” , yang merupakan kebalikan dari “profit oriented” . Berorientasi kepada solusi yang dibutuhkan oleh konsumen merupakan salah satu turunan dari “customer oriented”. Hal tersebut merupakan salah satu landasan terkuat untuk bagaimana membangun loyal customer base, yang akan berujung kepada strategi branding yang optimal.
3) Mudah di Akses
Bagaimana caranya agar konsumen dapat dengan mudah mengetahui keberadaan brand kita? saya ambil contoh dengan meningkatnya penggunaan perangkat mobile dibandingkan dengan desktop/laptop untuk melakukan browsing secara online selama beberapa tahun kebelakang.
Hal tersebut tentu akan berpengaruh terhadap brand-brand yang sudah mempersiapkan lebih dulu website miliknya agar dapat dengan mudah diakses oleh konsumen saat mereka menggunakan perangkat mobile.
4) Transparansi
Saat ini merupakan era transparansi antara perusahaan dengan para pelanggannya, terutama didukung dengan penggunaan media sosial yang menjadi alat sebagai penghubung antara konsumen dengan perusahaan. Hal tersebut terkait dengan transparansi dalam kualitas pelayanan, produkatau jasa yang dijual hingga permasalahan-permasalahan yang sedang dialami.
Dengan adanya transparansi, hal tersebut akan menumbuhkan kepercayaan konsumen yang secara tidak langsung akan mengoptimalkan branding.
5) Berkualitas
Apabila barang atau jasa yang kita tawarkan kepada pelanggan tidak memiliki fitur sebaik kompetitor kita namun kita memiliki pelayanan customer support yang lebih baik dibandingkan kompetitor, tentunya hal tersebut akan menjadi nilai positip yang juga akan meningkatkan brand secara optimal.

0 komentar:

Posting Komentar